Perlunya mempersiapkan diri Masuk ke Dunia Profesional

By. serafianelies - 12 Feb 2024

Bagikan:
img

Apa aja nih yang perlu dipersiapkan untuk Masuk ke Dunia Kerja?

Siapa disini yang baru aja lulus Kuliah atau Fresh Graduate yang saat ini sedang mencari pekerjaan?

Kira-kira apa aja nih yang perlu dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja?

 

Yuk kita ngobrol bentar tentang apa aja sih yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki dunia kerja?

 

Dunia kerja profesional jika tidak kalian rencanakan atau persiapkan akan jadi kejutan yang kurang menyenangkan. Karena akan ada banyak hal terjadi. Terutama terkait cara berkomunikasi, beradaptasi sampai Job desk kita dikantor yang seringkali membuat kita terkejut.

 

Tapi tenang saja mungkin beberapa hal ini bisa membantu kamu nih unntuk menghadapi persaingan Dunia Kerja.

 

1. Pahami apa yang kamu inginkan.

Seringkali kita memilih sesuatu bukan karena kita ingin, tapi karena beberapa teman kita memilih pilihan tersebut. dan akhirnya ketika sudah dijalani kita merasa tidak cocok, dan menyesali pilihan kita.

 

ini adalah langkah pertama yang harus kamu pahami. Temukan hal yang benar-benar kamu inginkan. Aneh ya rasanya, Tapi coba cek Artikel ini Apakah Ini Passsionku?. biar ada gambaran apa nih hubungannya antara passion / hal yang digemari dengan kehidupan di dunia profesional?

 

Memahami apa yang kita inginkan, akan membantu kita menemukan tujuan di dunia kerja kita. dan Ini bisa jadi akan membantumu saat sesi wawancara kerja. Selain itu dengan menemukan apa yang kamu inginkan dan cintai akan membuatmu lebih fokus dan produktif dalam dunia kerja, Terutama saat ada pekerjaan yang diberikan oleh atasanmu.

 

Dengan kamu memahami apa yang kamu inginkan akan mempermudahmu di dunia kerja. Akan membantumu untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja, dan tentunya tidak butuh waktu lama untuk mempelajari ilmu baru di dunia kerja karena kamu sudah memahami dasar pekerjaan yang kamu pilih.

 

2. Mampu beradaptasi dengan cepat dan fleksible

Dalam dunia kerja, situasi bisa berubah baik dalam hitungan menit, jam, hari, minggu, bulan bahkan tahun. ada banyak faktor yang bisa membuat situasi berubah dengan cepat. dan ini yang harus kalian pahami, Gesit dan fleksible adalah salah satu skill yang paling sering dicari oleh pemberi kerja.

 

Seperti sebuah kepercayaan, Gesit dan fleksibel membutuhkan pengakuan dari pihak lain. bagaimana caranya? Kamu harus mampu menunjukkan bahwa amu dapat berkontribusi sesuai dengan ekspektasi pemberi kerja. Pegawai yang diharapkan biasanya adalah seorang individu yang gesit serta mampu melakukan pendekatan dengan kepriadian orang yang berbeda-beda.

 

dan ini yang perlu kit pahami. bahwa sebuah pekerjaan di dunia profesional, bisa on schedule, bisa maju, bisa mundur atau bahkan bisa dibatalkan jika situasi tidak memungkinkan. dan disitulah seorang pegawai dibutuhkan untuk dapat memberikan solusi yang cepat untuk memecahkan sebuah masalah.

 

Kalau kamu merasa kalimat diatas mencerminkan dirimu, maka kamu sudah selangkah lebih maju. Namun jika kamu belum merasa seperti itu, masih ada waktu untuk terus mengembangkan diri.

 

3. Memiliki Profesional Networking

Bentuk dan milikilah network profesional yang memadai. Saat ini hampir semua perusahaan mulai menggunakan platform Media Sosial untuk mengenalkan perusahaan, berbagi informasi sampai dengan marketing perusahaan memanfaatkan media sosial.

 

Dengan melihat trend ini, penting nih untuk kalian memnfaatkan platform media sosial untuk membuat jaringan profesional yang dapat memungkinkan kamu terhubung untuk mendapatkan informasi yang kamu butuhkan dengan para profesional.

 

Dan ada keuntungan juga nih kalau kamu memiliki jaringan profesional yang mumpuni akan memungkinkan kamu dapat mencari pekerjaan dengan lebih ringan, dan jangan ragu untuk memasukkan kelebihanmu dan minta rekomendasi dan masukan dari orang-orang dalam jaringanmu.

 

4. Tuliskan Pengalamanmu

Journaling. Journaling yang dimaksud disini adalah tuliskan apa saja pengalamanmu. Kita sering banget lupa kan, terutama jika kegiatan tersebut sudah lama. nah ada baiknya setiap pengalaman kerja dan studi yang pernah dilakukan bisa catat.

 

tujuannya agar kita mudah mengingat apa saja yang kita lakukan dan bisa kalian masukkan dalam CV saat kalian mau melamar kerja. dan dengan memiliki catatan dari pngalaman yang sudah kamu lakukan, kamu jadi bisa mengevaluasi apa nih yang jadi kekuranganmu dan bisa kamu perbaiki. dan apa yang jadi kelebihanmu biar bisa lebih dikembangkan lagi.

 

selain itu, dengan mencatat pengalaman yang sudah kita kerjakan, jadi membuat kita bisa lebih detail lagi melihat aapa nih yang jadi keinginan kita di dunia kerja. dan kita juga bisa menemukan beberapa keahalian baru untuk dipelajari sebagai penunjang karir kita kedepan.

 

5. Lakukan Riset kecil

Coba deh sebelum kamu memutuskan melamar kerja di tempat tersebut kamu bisa melakukan riset kecil. seperti mengetahui kantornya seperti apa, tipe pekerjaan yang kamu inginkan seperti apa, dan bagaimana budaya kerjanya. Ini jadi hal penting agar kamu dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan kerja pertama kalian.

 

Dengan melakukan riset tersebut secara tidak langsung kalian sedang mempersiapkan diri dengan baik untuk masuk ke Dunia Profesional. Pastinya akan canggung diawal namun jika bisa mempelajari dengan baik maka kalian bisa dapat beradaptasi dengan mudah.

 

Masa kuliah memang merupakan masa yang menyenangkan, dan transisi dari masa kuliah ke dunia profesional juga bukan hal yang mudah. Namun jika perubahan tersebut sudah bisa kamu pelajari dan kuasai maka prosesnya akan jauh lebih ringan.

Dunia Profesional adalah tempat yang menyenangkan dan penuh tantangan bagi sebagaian orang dan tempat yang menakutkan bagi orang lain. Tapi jangan khawatir, karena di dunia profesional kita juga belajar bagaimana menghadapi konflik, bekerja sama dan mencari solusi bersama. dan tentunya jika dunia kerja tersebut adalah apa yang jadi passionmu, dan merupakan hal yang kamu inginkan, kamu akan belajar banyak hal baru yang menyenangkan.

"Networking is an investment in your business. It takes time and when done correctly can yield great result for years to come" #Dianehelbig





Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp