Apakah ini Passionku?

By. serafianelies - 29 Jan 2024

Bagikan:
img

"lakukan apa yang kamu cintai, bekerjalah dengan penuh semangat sesuai dengan passion"

 

Profile @unaneserafi Hayo, seberapa sering kita mendengar kalimat penyemangat ini? 
Suka bingung dan cenderung lelah gak kalau ternyata nih kita terjebak mencari apa yang kita sukai. dan ketika kita tidak menemukan hal tersebut maka kita akan kecewa dan Merasa kita gagal. 


jelas menyenangkan ketika kita mengerjakan sesuatu yang sesuai passion dan dibayar. Tapi realitanya banyak dari kita yang belum juga menemukan passion kita di tempat kerja. Ada yang masih suka berpikir bahwa pekerjaan kita hari ini tidak sesuai passion, tapi terpaksa kita lakukan karena kita butuh bekerja untuk memenuhi kebutuhan kita. Balik ke Pertanyaan awal

" seberapa penting Passion dalam bekerja?"

Yuk kita bahas. 

 

Passion menjadi soul/ jiwa seseorang untuk jadi bahagia ketika mengerjakan sesuatu. dan jika belum menemukan passionnya kita cenderung terus menggali apa yang kita senangi sampai kadang kita melupakan apa yang sedang kita kerjakan saat ini. Seperti sebuah alasan untuk membenarkan bahwa "kita HARUS mencari passion kita untuk sukses". pada akhirnya kita jadi tidak bersemangat dan jadi tidak produktif karena hal tersebut. Sementara itu bagi beberapa orang menjadi besemangat dan produktif dalam bekerja jika mempunyai kepedulian terhadap yang yang dikerjakan. 

 

Dari situ dibuktikan nih kalau ternyata penting untuk menemukan passion untuk sebuah keberlangsungan karir kita kedepan. 
Steve job pernah bilang nih

 

" The Only way to do great work is to love is to Love what you do".

Tapi emang bener ya, ketika kita mengerjakan apa yang kita suka, kita sering lupa waktu dan terasa lebih menyenangkan. Dan hasilnya? Selalu totalitas nih dan menyenangkan. 

 

Lalu apa bisa nih kita menemukan passion di pekerjaan kita saat ini? Jawabannya tentu bisa donk. Yuk sini kita kita lihat apa yang bisa kita lakukan untuk menemukan passion kita di tempat kerja kita saat ini? 

1. Ubah Cara Pandang kita. 
percaya atau tidak cara kita  berpikir dan memandang suatu hal menjadi penting. dan itu jelas mempengaruhi cara kita merespon dan bekerja.
Jika kita menganggap menemukan passion atau hal yang membuat kita antusias di tempat kerja sulit. maka kita akan terjebak dalam kejengkelan karena merasa stag akan rutinitas harian kita yang kesannya "itu-itu" saja. 
lalu bagaimana merubahnya? 
Kita mulai dengan merubah pola pikir kita sendiri. Cobalah berkumpul dengan rekan-rekan yang memiliki semangat yang tinggi. yang suka untuk mencoba hal baru dan mengexplore dirinya. tanpa sadar kamu akan menemukan pola yang tepat untuk merubah caramu berpikir dan melihat suatu hal. dengan begitu kamu akan menemukan energi tersendiri untuk mulai menggali dan mencari passion yang ada didalam dirimu. 

 

2. Memperhatikan dan memahami topik pembicaarn yang kita sukai. 
Pernah gak, kalian bertemu orang baru atau suatu komunitas dan tiba-tiba secara perlahan langsung klik dengan pembicaraan yang sedang berlangsung. entah film, olahraga, atau musik? 
nah itu bisa jadi passion kalian. karena biasanya kita cenderung suka berbagi ilmu dengan orang lain tentang apa yang kita suka secara sukarela. 

 

3. Kenali dirimu dan kekuatanmu 
Kadang saking seringnya kita mencari diluar diri kita, sampai kita sering lupa mengenal diri kita sendiri. Padahal Penting untuk mengenali dan menggali potensi diri sendiri. 
Seperti ternyata kamu suka nih menulis, menggambar, atau menjadi negosiator, atau MC? nah, dengan mengenal dirimu sendiri kita secara tidak langsung akan membantu kita menemukan kekuatan dan jalur karir yang tepat. atau jika sudah terlanjur ada di tempat kerjamu hari ini, kita akan menemukan cara untuk tetap menemukan passion di tempat kerjamu hari ini. 
kenali apa Hard Skill dan soft Skill yang kita kuasai saat ini. dengan mengenal diri dan kekuatanmu maka akan mudah menemukan passionmu. 

 

4. Jangan Takut untuk bertanya atau berkonsultasi
Tidak ada salahnya bertanya dan melibatkan orang-orang terdekatmu untuk menemukan Passionmu. 
Kamu bisa bertanya apa  kira-kira hal menonjol di dirimu yang mereka lihat. Apa yang mereka sampaikan bisa menjadi bahan pertimbanganmu dalam menemukan Passion dan pekerjaan yang relate denganmu. 
Tapi kadang malu nih. Well, malu itu wajar tapi jangan ragu untuk bertanya. Ingatkan pepatah "malu bertanya sesat dijalan?". Dengan bertanya itu akan membantu kita untuk menemukan Passion kita baik di tempat kerja, maupun Pekerjaan yang sedang kita cari. 

 

Passion memang penting dalam berkarir, tapi jangan berkecil hati kalau kamu merasa saat ini kamu belum bekerja sesuai passion. Maksimalkan apa yang jadi kemampuanmu. Karena itu yang akan membantumu. Jika kamu merasa memerlukan training atau pelatihan yang membantu memaksimalkan kemampuanmu, Jangan ragu untuk mengambil pelatihan tersebut karena itu menjadi salah satu cara untuk menggali dan menemukan Passionmu. 
Menemukan Passion dan mencintai pekerjaan kita hari ini, adalah salah satu cara untuk menikmti hidup kita hari ini. #Usanelies 





Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp