Note For Myself - Hello February (Part 2 )

By. serafianelies - 01 Feb 2024

Bagikan:
img

Ah sudah baca belum Part 1'nya kalau belum bisa kalian cek link ini ya Part - 1

 

Nah yuk kita lanjut untuk Pertanyaan berikutnya ; 

Apakah kita lagi galau dan merasa stag nih dengan apa yang kita kerjakan hari ini? 

pernah kepikiran atau sering mikir " Ah, kerjaanku tiap hari gitu-gitu aja. ga ada peningkatan". siapa nih yang suka mikir gini? 

 

oke aku mulai dengan kasih kalian sebuah kalimat untuk kita pikirkan bersama "Pelajari hal-hal baru setiap hari." 

 

masih ingat bacaan pertama soal evaluasi diri? salah satu manfaat dari evaluasi diri adalah kita akan memahami sudah sejauh mana kita berkembang, Kalau pada akhirnya kita menemukan bahwa ternyata kita sedang jalan ditempat, kita butuh usaha lebih untuk bergerak maju dan mencoba hal-hal baru. 

 

Istilah stag atau jalan ditempat adalah Istilah dimana dalam kehidupan sehari-hari tidak mengalami perkembangan atau berjalan di tempat. ada banyak alasan kenapa karir kita jalan ditempat, seperti sudah nyaman dengan posisi hari ini, merasa dihambat atau dihalangi langkahnya oleh orang lain, atau kita merasa tidak memiliki kemampuan untuk bisa bersaing. 

 

dari hal-hal diatas, jika kita stag dalam skala yang lebih luas bisa berdampak negatif lho dalam hidup kita. Ini beberapa dampak yang bisa bikin kita tidak produktif. 

 

1. Terlalu nyaman di Zona nyaman
Ketika kita merasa nyaman pada zona nyaman kita, maka kebanyakan kita akan memilih untuk menikmati ketimbang mengambil resiko untuk keluar dari zona nyaman. Padahal jika kita mau belajar hal baru, tidak hanya menambah value pada diri kita sendiri. melainkan juga menambah relasi dan mendapatkan ide-ide segar untuk rencana kedepan. 

memang saya akui, tinggal dalam zona nyaman itu menyenangkan. tetapi mencoba hal baru, mengupgrade kemampuan, menambah relasi jauh lebih menyenangkan. Tapi kan ada potensi gagal juga. Yes, betul. tidak ada sebuah proses berhasil tanpa kegagalan. Namun dari gagal kita juga belajar untuk lebih baik kan. Jadi jangan takut untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru ya. 

 

2. Dihambat langkahnya oleh orang lain
Biasanya ini terjadi karena orang tersebut tidak merasa peduli dengan orang lain. Padahal Kompetisi yang sehat ditempat kerja diperlukan. Agar tercipta keseimbangan dan juga ide-ide baru yang bisa digunakan untuk mengembangkan tempatmu bekerja. 

Tapi jangan khawatir kamu tidak perlu melawan dengan adu fisik, tapi asah terus kemampuanmu. orang-orang tersebut ada tentunya untuk membuatmu menjadi lebih kreatif bukan? 

 

3. Tidak merasa punya kemampuan untuk bersaing. 
STOP. kalau kamu punya pikiran ini lebih baik segera berhenti. kita diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. dan tentunya proses kita untuk sampai pada sukses kita juga akan berbeda-beda. Jangan khawatir, jika kamu masih bingung dengan kemampuanmu, coba deh ngobrol dengan orang terdekatmu. kamu bisa tanya apa sih yang jadi kelebihanmu. dengan begitu kamu bisa mulai atur strategi untuk mengasah kemampuanmu. dan mencari circle pertemanan yang tentunya memahami, memberi ruang dan membantumu untuk bertumbuh. 

 

Yuk sekarang kita bahas beberapa solusi biar kita bisa tetap produktif dan bisa juga membangkitkan mood kalian di tempat kerja. 

1. Bekerjalah sesuai kemampuanmu
Bekerjalah sesuai kemampuanmu. dan pandai-pandailah mengatur waktu agar tidak bekerja secara berlebihan. betul memang produktid itu bisa terjadi saat kerja keras, akan tetapi kerja keras belum tentu menghasilkan produktivitas. 

Jangan lupa beristirahat untuk memulihkan tenaga dan jangan paksa dirimu dengan cara yang berlebihan. 

 

2. Tentukan prioritasmu.
ini penting ketika kamu menghadapi deadline yang menumpuk. tentukan skala prioritas. jika kamu ingin semakin produktif bisa dimulai dari membuat daftar tugas / to do list yang rinci sesuai dengan tujuan kita. Dengan begitu kita akan mudah menentukan pekerjaan mana yang harus kita selesaikan terlebih dahulu. 

Hindari melakukan semua hal sekaligus karena cenderung membuat kita stress dan susah untuk fokus. 

 

3. Cek pekerjaan secara berkala
salah satu yang sering membuat kita stress karena merasa banyak sekali yang harus dikerjakan. Nah salah satu yang bisa kita lakukan adalah mengecek pekerjaan atau rencana kita secara berkala. 

Karena hal ini akan membantu kita untuk untuk tetap fokus dan mengevaluasi satu persatu pekerjaan kita. 

Hindari mengerjakan pekerjaan secara terburu-buru, agar kamu bisa mengerjakan secara maksimal sesuai dengan kemampuanmu. dan kamu punya waktu juga untuk melakukan revisi jika ada yang masih belum sesuai. 

 

4. Jangan Lupa Olahraga
Yes, olahraga adalah stress release terbaik. Karena dengan Olahraga bisa membuat mood kita membaik dan jadi jauh lebih produktif. 

kamu bisa mulai dengan berjalan dipagi hari, latihan pernafasan atau jika sudah expert kamu mungkin bisa mencoba berlari atau berenang. 

Jangan takut untuk Keluar dari zona nyamanmu, belajar hal baru, dan jadi lebih produktif. 

 

Jadi Gimana udah siap memasuki Bulan ke 2 di tahun 2024 dengan Lebih produktif kan.. 

“Set a goal to be happy; now do only what makes you happy.”
― Debasish Mridha

#Usanelies 





Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp