Note For My Self - Januari 2024 (Part 1)

By. serafianelies - 31 Jan 2024

Bagikan:
img

Unaneserafi-Profile

Hari ini sudah tanggal 31 Januari 2024. Artinya 1 bulan sudah kita lewati Tahun 2024. yuk kita cek bersama, di bulan ini ada gak pencapaian baru kita? ataukah kita sedang galau soal apa yang dikerjakan? Atau kita merasa stag dengan apa yang kita kerjakan hari ini? hmmmm menarik ya buat dibahas. Yuk sini kita berbincang. 

Gimana kalau kita mulai dengan pertanyaan pertama; 


1. Ada gak sih pencapaian Baru di bulan ini? 
Dimulai dari saya ya. Jelas ada. Memulai bulan Januari dengan beberapa kerjasama yang tidak terbayangkan how big is it sebelumnya tapi ada dalam list saya di tahun kemarin. dan ada beberapa kegiatan kedinasan yang bikin saya happy karena bisa update ilmu baru. 

lha kan berarti seru seru aja dong hidupnya. Jelas tidak sesederhana itu mengartikannya ya. Pencapaian baru jelas diikuti oleh tanggung jawab yang jauh lebih besar. yang artinya juga harus bisa bijaksana dalam mengatur waktu baik bagi diri sendiri maupun untuk pekerjaan. ada PR-PR besar untuk terus mengupgrade kemampuan diri, seiring bertambahnya tanggung jawab. Namun jangan sampai ini jadi membuat kita berpuas diri. 

ini yang menjadi tantangannya, pencapaian baru harusnya menjadi resfreshment atau penyegar sekaligus ajang untuk mengevaluasi kebutuhan dan kemampuan kita. Karena Mengevaluasi diri merupakan proses kita untuk menilai diri sendiri secara objektif dan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kita, dalam prosesnya melakukan evaluasi diri menjadi penting untuk memperbaiki aspek-aspek diri kita. ini beberapa cara untuk bisa mengembangkan Potensi diri kita sendiri. 

1. Mengenal kekuatan dan kelemahan kita. 
kita perlu sadar dulu apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan kita. dengan begitu maka kita bisa memanfaatkannya untuk memperbaiki dan mengembangkan potensi diri kita. Misal jika anda merupakan orang yang pandai berbicara, maka coba kembangkan bakatmu dalam hal publik speaking atau negosiator.

 

2. Tentukan Tujuan yang realistis. 
dengan memahami kekuatan dan kelemahamu, maka kamu bisa menetapkan tujuan yang realistis. Kamu jadi paham sejauh mana kamu bisa merencanakan dan merealisasi rencanamu. Kamu bisa memetakan secara kemampuan, dan resiko-resiko kedepan dalam rencanamu. 

 

3. Belajar berempati. 
Kita sering banget minta dipahami, tapi lupa untuk belajar memahami orang lain dan berempati. dalam hal mengevaluasi diri sendiri, kita juga perlu memahami perasaan orang lain supaya kita juga dapat merespon dengan lebih baik atas keadaan tersebut. 

 

4. Menikmati proses dan menemukan arti Hidup 
Dengan mengevaluasi diri kita jadi belajar untuk mengenal kekuatan dan kelemahan kita, menentukan tujuan yang realistis dan belajar untuk berempati. dan dalam prossnya tidaklah mudah karena kita harus menyadari kita bukan manusia yang sempurna dan banyak hal yang mengharuskan kita menerima dan belajar lebih lagi untuk bisa mengembangkan potensi diri kita sendiri. 

 

Proses evaluasi diri ini jika dilakukan secara teratur dan jujur, maka dapat mengembangkan potensi diri dan mncapai tujuan hidup kita. Karena hidup adalah proses belajar setiap hari. 

Jika tidak ingin tertinggal, kita harus menikmati prosesnya.

 "Dalam hidup ini selalu ada resiko. Yang terpenting adalah bagaimana kita dapat mengatasi rasa takut dan ragu-ragu kita agar dapat melangkah dan menghadapi segala resiko untuk mencapai kesuksesan."

(Part 2... To be Continue)





Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp