Smash Your Ego

By. serafianelies - 21 Aug 2024

Bagikan:
img

Smash Your Ego

 

17 Hari Menjelang PON Aceh - Sumut 2024. Rasanya pasti bercampur antara excited dan juga Curious. 

 

Dan masa-masa dimana nomor-nomor beregu mulai intens berlatih, tim-tim mulai melakukan sentralisasi dengan harapan ketika tim tersebut mulai disatukan mereka akan belajar mengenal rekan satu timnya dan membentuk sebuah tim yang solid sebelum kejuaraan dimulai. 

 

tapi tahukah kalian? bahwa disaat yang sama kalian akan mulai menemukan alasan untuk ; 
1. Merasa tidak cocok dengan tim kalian 
2. Merasa tidak dipahami rekan 1 tim. 
3. Merasa mulai lelah dengan latihan dan merasa mulai jenuh. 
4. Mulai menemukan banyak hal didalam tim yang tidak sesuai dengan ekspektasi kalian. 

apakah itu normal? Jawaban saya NORMAL.  Apakah bisa melewati situasi ini dan tetap profesional di lapangan? Jawaban saya BISA. 

Sini yuk saya kasih beberapa Tips yang bisa dilakukan. 

 

1. Fokus Pada Tujuan Utama
Tujuan utama masing-masing orang pasti berbeda. dan setiap atlet pasti memiliki target pribadinya. Maka Fokuslah pada apa yang menjadi target Utama kalian. 

Dan ingatlah Komitmen awal yang telah kalian buat untuk mencapai Tujuan kalian. Jangan biarkan hal-hal diluar itu menjadi penghalangmu untuk sampai pada tujuan Utamamu. 

 

2. Terima dan berdamailah. 
Tidak ada tim yang sempurna. Tidak ada tim tanpa konflik. setiap tim pasti memiliki konfliknya. dan kita bisa memilih untuk menerima kekurangan tim kita dan menyadari bahwa tidak ada tim yang sempurna tapi kita bisa saling melengkapi. 

Tim terbentuk dari sebuah komunitas yang memiliki visi dan misi yang sama. Jika kamu menyadari, memahami visi dan misi dalam tim, maka walaupun sulit kalian akan terus mencari alasan terbaik untuk mencintai tim kalian hari ini. 

Ingatlah, tanpa dukungan tim saat ini akan sulit berada dan bertahan pada titik ini. maka lakukan yang terbaik tidak hanya untuk dirimu sendiri melainkan untuk timmu. Mungkin hari ini kamu tidak merasa diperlakukan dengan baik dalam tim, tapi tetaplah baik. Karena suatu saat kamu akan menuai apa yang baik dimasa depan. 

INGAT Tetaplah BAIK. 

 

3. Runtuhkan Egomu
Kunci sukses nomor beregu, adalah ketika kamu mampu meruntuhkan egomu dan menyadari bahwa sebuah Tim bisa menjuarai sebuah Kejuaraan bukan karena 1 orang. Melainkan karena kontribusi semua orang dalam tim. 

Dalam sebuah tim bukan siapa yang paling cepat, atau siapa yang paling baik melainkan meyakinkan Rekan satu tim kalian bahwa

KALIAN ADALAH TIM TERBAIK DAN YANG TERCEPAT. 

Tidak mudah menyatukan 4-6 kepala pada satu Visi dan Misi yang sama yaitu menjadi JUARA. maka butuh kesadaran masing-masing orang untuk menahan egonya, dan saling melengkapi. 

 

membaca ini terkesan mudah, namun saya paham realisasi tidak mudah. Namun tidak berarti tidak bisa dilakukan. Point pentingnya adalah " JUARA", jika kalian mau belajar berkomunikasi, menerima masukan, dan memperbaiki kekurangan tim bersama saya yakin paragraf diatas bisa kita capai bersama. 

 

4. Belajar untuk Percaya pada tim
Percaya adalah suatu hal yang mahal dan sulit dicapai. butuh berkali-kali pembuktian agar kita sama-sama yakin bahwa itu merupakan komposisi tim yang tepat. 

 

namun itu adalah tantangan yang perlu kita lewati bersama. Belajar percaya tidak mudah, namun bisa dilakukan secara perlahan selama latihan berlangsung. membentuk sebuah tim yang solid memerlukan waktu yang cukup lama. namun jika setiap hari kalian mencari 1 kebaikan dari tim kalian. lama kelamaan kalian akan merasa memiliki dan berterimakasih atas tim kalian hari ini. 

 

Point 1 sampai 4 tidak mudah dilakukan. Namun jika kalian mau belajar mencoba, percayalah kalian akan mendapatkan Tim yang solid dan tidak terkalahkan. 

 

Selamat mempersiapkan diri pada Ajang terbesar di Indonesia. Selamat Berlari mengejar Impian dan menjadi yang terbaik di Arena.  #Usanelies





Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp