Pendidikan dan Prestasi Mana yang penting?

By. serafianelies - 14 Jun 2024

Bagikan:
img

Pendidikan dan Prestasi mana yang penting? Profile - @Unaneserafi

Menjadi atlet profesional, merupakan impian banyak atlet muda. Selain mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk berkompetisi secara nasional dan Internasional juga mendapatkan kesempatan untuk memiliki keistimewaan lainnya. 
 

Dengan memilih menekuni profesi menjadi atlet profesional tentunya dituntut untuk berkomitmen memberikan prestasi terbaik, dan juga Disiplin untuk mempertahankan prestasi. 

 

Namun tidak jarang ketika ada di masa keemasan seorang atlet utamanya seorang atlet muda seringkali kebingungan antara memilih sekolah atau prestasi. karena Dari Prestasi tidak hanya mendapakan keuntungan dikenal orang melainkan juga secara finansial tercukupi apalagi jika masuk dalam Tim Daerah dan Tim Nasional. Belum lagi bonus jika mendapatkan medali . 

 

Tidak bisa dipungkiri seiring berjalannya waktu, pendidikan secara perlahan dipandang remeh oleh sebagian atlet muda. Yang nantinya ketika masanya sudah berlalu, dan harus memutuskan untuk berhenti entah karena usia maupun karena faktor lainnya tidak jarang jadi bingung karena belum memiliki rencana "setelah Jadi atlet mau jadi apa? " 

 

Lalu apa sangkut pautnya dengan Pendidikan? Yuk sini kita ngobrol. 

 

1. Seberapa penting pendidikan dan Prestasi. 

 

  • Keduanya sama pentingnya sesuai dengan porsi masing-masing. Dengan kita memiliki dan berkomitmen memberikan prestasi maka tentu saja berbagai macam peluang dan kesempatan terbuka. salah satunya adalah Pendidikan. 
     
  • Karena saat masih di usia sekolah kita dapat menggunakan Prestasi sebagai bahan pertimbangan untuk mendapatkan pendidikan yang baik di sekolah-sekolah yang diidamkan. dan nantinya jika mau melanjutkan ke jenjang Universitas saat ini juga banyak Univ yang menyediakan beasiswa bagi atlet-atlet muda. 

     

2. Apakah harus memilih? 


Bisa saya bilang sekolah dan pendidikan bukan tentang pilihan tapi bagaimana kita mau berkomitmen dan SADAR bahwa keduanya penting bagi masa depan. 

 

Selama masa saya menjadi atlet pada usia sekolah Orang tua saya selalu mengingatkan

" KALAU BISA MENJADI JUARA BERARTI BISA JUGA MENYELESAIKAN SEKOLAH".

mungkin saat itu ini pernyataan yang tidak menyenangkan tapi ketika semua sudah terlewati saya baru menyadari bahwa kalimat tersebut yang membuat saya berani untuk mendisiplinkan diri saya, dan berkomitmen terhadap apa yang saya kerjakan saat itu. 

 

Mengapa saya fokus pada Pendidikan bagi seorang atlet? karena Pendidikan merupakan investasi masa depan yang seharusnya juga menjadi perhatian para atlet muda dan kita sebagai orang tua/wali. 

 

Pendidikan disekolah mengajarkan kita untuk ; 
1. Berelasi
2. Bertanggung jawab
3. Belajar berorganisasi
4. belajar memberikan pendapat
5. Belajar untuk memahamikelebihan dan memperbaiki kekurangan.
6. Belajar memahami Memahami kompetensi Diri. 

 

Dan hal-hal tersebut diatas merupakan keilmuan dasar yang "wajib" dikuasai selain Pelajaran Reguler tentang keilmuan lainnya. Karena dengan menguasai Ilmu dasar ini dapat melatih kita secara tidak langsung unutk beradaptasi secara cepat, lebih kreatif dan rasional dalam memutuskan sesuatu. 

 

dan Dewasa ini, masih cukup banyak atlet nasional yang fokus mengejar karier dan prestasi tapi cenderung mengabaikan pendidikan. Pada akhirnya, masa depan mereka pascapensiun menjadi terbengkalai. #Usanelies 

3. Lalu harus bagaimana? 


Merupakan sebuah kebanggaan ketika mampu meraih Gelar juara Nasional apalagi Internasional bukan? 

 

tetapi Prestasi di lapangan terkadang membuat kita terbuai dan bahkan lupa ada hal-hal penting lainnya seperti pendidikan. dan Tidak mudah menyeimbangkan antara prestasi dan pendidikan tapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Prestasi seharusnya menjadi jalan pintas kita berinvestasi dalam hal pendidikan.

 

Tidak bisa menutup mata kalau Prestasi memiliki peran penting dalam membentuk karir dan kehidupan pribadi seseorang.Dengan kita bisa menyeimbangkan keduanya antara pendidikan dan prestasi maka akan membantu kita menjadi Individu yang berkualitas.

 

beberapa keuntungan jadi Atlet ; 

1.Time Management .
2.Disiplin.
3.Dikenal dan mengenal lebih banyak orang dari berbagai bidang pekerjaan dan keilmuan.
4.Mendapatkan akses pendidikan dengan pilihan yang banyak.
5.Dapat berbagi pengalaman .
6.Materi

 

Dengan menggabungkan apa yang didapatkan dibangku sekolah dengan keuntungan saat menjadi atlet. Maka Para atlet muda ini seharusnya sudah bisa memepertimbangkan cita-cita mereka kelak setelah menjadi atlet. dan dapat mengatur dan menyusun rencana yang baik bagi masa depan mereka melalui Relasi dan kesempatan yang didapat saat masih menjadi atlet. karena disaat itu orang akan menilai Seperti apa sih kepribadianmu saat menjadi atlet. 

 

4. Lalu bagaimana Peran kita orang tua dan sekolah ? 
Orang tua memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan antara pendidikan dan prestasi si anak. Karena orang tua merupakan Support terbesar dalam karir Atlet muda ini. 

 

maka tugas kita ketika anak masih dalam usia SD - SMP adalah membantu mereka untuk mengerti bahwa menjadi atlet itu merupakan keputusan yang baik selama bisa diseimbangkan dengan sekolah. Terkadang kita perlu tegas agar si anak paham bahwa keduanya sangat penting, namun bisa dilakukan jika dapat membagi waktu dengan seimbang. 

 

Usia SMA - Kuliah. Tugas kita bukan memutuskan tapi memberikan pandangan terhadap apa yang mereka akan putuskan bagi hidup mereka. dan memberikan pemahaman akan resiko atas apa yang akan diputuskan.  Terkadang apa yang diputuskan Anak tidak terlepas dari apa yang kita tanamkan sejak dini. 

 

Dan sekolah juga dapat memberikan kesempatan pada atlet muda ini untuk tetap berprestasi tanpa meninggalkan pelajarannya di sekolah. maka ini dapat membuka peluang antara sekolah dan Orang tua untuk bekerja sama memberikan dukungan terbaik bagi si anak. 

 

5. Jadi Mana yang penting? 


Menutup Tulisan ini dengan ini, Pendidikan dan Prestasi sama-sama penting. Terutama jika memilih Prestasi Non Akademik adalah Atlet. 

menyeimbangkan keduanya tidak mudah, namun jika kamu berhasil menyeimbangkannya maka sebelum anda selesai menjadi atlet saya yakin banyak yang tertarik untuk mengajak anda bekerja sama sehingga kelak ketika anda memutuskan pensiun jadi atlet, anda sudah punya persiapan cukup untuk menikmati hidup secara layak. 

#Usanelies 





Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp