Debut Pertama Di Multi Event Terbesar Di Indonesia? Why Not

By. serafianelies - 26 Feb 2024

Bagikan:
img

Debut Pertama di Kejuaraan Besar? (Part 1)

Apa sih yang perlu dipersiapkan? 

Hi, sebentar lagi sudah mau Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut nih. 

 

Siapa nih yang ikutan? dan siapa juga nih yang baru pertama kali akan turun di Ajang 4 Tahunan yang paling ditunggu-tunggu? 

Selain karena ini merupakan Ajang multi event bergengsi, ini juga salah satu kejuaraan yang bisa jadi penentu karir dan prestasimu kedepan. 

 

Buat Para Debutan Baru, Yang akan turun di Ajang PON XXI 2024 Aceh - Sumut, kira-kira apa aja yang perlu dipersiapkan jelang Kejuaraan Multi Event terbesar di Indonesia ini? 

 

Yuk Sini kita Ngobrol, 

 

Turun sebagai salah satu perwakilan daerah di ajang bergengsi merupakan Impian semua atlet. dan tentunya semua Ingin datang untuk menang bukan? Tidak jarang banyak hal berusaha kita siapkan untuk masuk dalam Arena PON dan berjuang untuk jadi juara. 

 

Tapi dalam sebuah kompetisi selalu ada yang keluar sebagai juara, dan ada juga yang harus belajar dari kekalahan dan tidak jarang itu membuat kita sebagai atlet jadi patah hati karena kecewa tidak mendapatkan hasil seperti yang kita inginkan. 

 

Padahal ajang besar seperti ini tidak hanya soal berjuang dan menjadi juara. Melainkan untuk Para Debutan Muda, ini merupakan ajang yang tepat untuk belajar berkompetisi dengan sehat, dan menumbuhkan rasa sportifitas masing-masing. Jika menang Nikmatilah kemenangan itu sewajarnya dan jangan terlena dengan pujian karena Hey, Itulah awal kita merasa puas diri dan tidak jarang fokus kita jadi berubah. karena ingatlah

Meraih itu memang sulit, namun jauh lebih sulit mempertahankan gelarmu setelahnya. 

dan jika kalah, Ingatlah itu bagian dari prosesmu untuk belajar mengeksekusi sebuah kejuaraan tanpa kesalahan. Cek dan evaluasi diri apa yang perlu dibenahi kedepan. Jangan berusaha mencari alasan atas kegagalan, tapi belajar menerima kegagalan dan belajar dari kesalahan. Itulah gunanya Kompetisi untuk mengevaluasi. 

dan Kompetisi sejatinya harus dinikmati.

Dinikmati dalam artian kita tahu target / goal kita, Kita tahu cara mendisiplinkan diri kita, Kita tahu rules yang harus dilakukan apa yang boleh dan tidak. dan Ini kita harus memahami bahwa apa yang kita lakukan dalam persiapan kita akan mempengaruhi hasil saat berlomba. 

 

Jadi apa saja yang perlu dipersiapkan Sang Debutan jelang Kejuaraan?

1. Motivasi.
Apa motivasimu di Multi event pertamamu? Jadi Juara? Bisa, dan semua butuh Motivasi itu agar bisa mengatur pola latihan yang tepat. Tapi perlu diingat Motivasi bisa terealisasi, tapi juga kadang tidak. 

Motivasi yang tepat akan membantumu untuk bertahan dalam setiap kondisi. Semua orang punya caranya memotivasi diri dan pastikan Motivasimu tepat sasaran. 

 

2. Pahami bahwa dalam Sebuah Kejuaraan apapun bisa terjadi. 


Dalam sebuah kejuaraan besar apapun bisa terjadi. Kamu bisa menang, dan mendadak dikenal banyak orang. atau bahkan target kadang tidak sesuai dengan hasil diakhir dan membuat kita kecewa. 

 

persiapkan dirimu dengan baik, membuat sebuah target adalah keharusan. namun juga harus selaras dengan hasil latihan, dan juga kalkulasi berapa lama proses latihanmu. jika kamu adalah debutan baru kamu harus belajar untuk memahami kondisi ini. 

 

Jika rentang waktu latihanmu kurang dari 3 tahun, kamu harus mewaspadai ekspektasimu. Kamu bisa menang dengan mudah, atau kamu juga bisa meleset dari target.  Namun jika waktu latihanmu sudah diatas 5 tahun atau lebih dari itu saya rasa kalian akan sangat siap dengan setiap kejutan yang kalian akan temukan di arena. 

 

3. Persiapkan Mentalmu.


Dari semua persiapan, persiapan mental menjadi yang terpenting menjelang kejuaraan besar ini. 

Karena ketika kita berkompetisi, 35% saja kita bicara soal tehnik, sisanya Peran Mental yang paling besar. 

kalian harus menyadari, dalam suatu kejuaraan besar ada yang namanya Juara Favorit, dan juga ada Kuda Hitam yang tanpa disangka biasanya akan membuat kejutan saat momentnya tepat. lalu harus bagaimana? 

 

  • Bagi kalian yang menyandang gelar Fav Juara. 

Mendapat predikat itu saja sudah sulit dan berat bukan? Tapi nikmatilah. Tegang itu pasti jika kalian tidak merasakan itu, maka coba cek kembali fokus kalian. Jangan sampai terlena dengan pikiran "ah, aku bisa kok. ini mudah". Jika saat ini pikiran kalian seperti itu maka hentikan pikiran itu sekarang. 

 

Kewaspadaan dibutuhkan maka ubahlah pikiran tersebut menjadi " semua yang datang adalah perwakilan terbaik dari daerahnya maka aku akan berjuang semaksimal mungkin". Pikiran ini bisa ditanamkan agar kalian tidak lengah dan tidak menganggap remeh rival kalian. 

 

  • Bagi kalian Calon "Kuda Hitam". 

Ingatlah apapun bisa terjadi. Jika motivasimu tepat, dan momentnya tepat maka kamu bisa kok menjadi yang terbaik di kejuaraan itu. Jangan mengejar waktu atau target nilai. Melainkan nikmati kompetisinya. Rasakan Adrenalinmu bergerak menuntunmu untuk mengukir sejarah baru bagimu. 

 

Mungkin kamu tidak juara saat itu, tapi setidaknya kamu memberi perlawanan yang tidak dilupakan rivalmu. 

 

Kejuaraan harusnya bisa dinikmati, karena sejatinya Seorang atlet selalu ada di Fase Menang dan Kalah. dan di Setiap kemenangan ada sejarah yang ditorehkan dan Disetiap kekalahan ada Proses pembelajaran yang kita dapatkan. 

Dan Jadi Atlet itu tentang belajar berjiwa besar dan belajar untuk siap dalam kondisi apapun. 

well, Sampai disini dulu Part 1 Nya. Tungguin Part 2nya ya. (To be Continue....) 
 





Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp