4 Alasan belum menikah di Usia yang matang

By. serafianelies - 16 Feb 2024

Bagikan:
img

Unaneserafi-Profile

Kenapa Belum Mau menikah?

 

beberapa waktu lalu ada riset yang dilakukan Pew Research Center Analysis, bahwa jumlah orang yang menikah di kisaran tahun 50-an lebih banyak dibandingkan jumlah orang yang menikah hari ini? Perbandingannya antara 75% dan 50% dimana terlihat penurunan minat menikah hingga 25% sejak lima dekade lalu.

Aneh ya, tapi nyata. ada banyak hal mendasari namun tidak berdampak pada semua orang namun lebih menyasar ke Individual termasuk perempuan.

 

apa aja sih yang kira-kira menjadi alasannya Yuk kita bahas baik dari hasil penelitian para ahli juga dari pengalaman Pribadi.

 

1. Sedang meniti Karir

Hari-hari ini banyak juga perempuan yang memilih karir yang menuntut banyak waktu dan tenaga. Menurut kebanyakan orang Perempuan Mandiri cenderung lebih memilih menunda pernikahan, tidak tergesa-gesa dalam menikah. dan Lebih banyak yang mengikuti Passion atau mengejar karirnya.

 

Mungkin ada yang berpikir "egois sekali ya, karena mementingkan diri sendiri". Well, tidak juga. Memilih meneruskan pendidikan dan karir saat ini bukan karena egois tapi juga sedang mempersiapkan diri sendiri sebenarnya entah itu nantinya akan jadi seorang istri maupun seorang Ibu.

 

Menurut saya, dalam masa penantian ini adalah saat yang tepat untuk memantaskan diri. dan menjadi pribadi yang lebih baik. 

 

2. Menjadi Tulang punggung keluarga

 

Bahkan banyak juga nih perempuan yang menunda untuk menikah merupakan tulang punggung keluarga.

 

tidak sedikit nih dari kita, terutama perempuan masih memilih melajang karena menjadi tulang punggung keluarga. ada banyak hal yang menjadi bahan pemikiran bagi saya terutama yang masih jadi tulang punggung keluarga.

 

bukan tidak mau menikah, melainkan sedang belajar menerima orang lain untuk masuk menjadi bagian dari keluarga nantinya. terutama bagi saya yang terbiasa melakukan semua sendiri terasa aneh ketika memiliki seorang pasangan.

 

3. Trauma masa lalu dan Trauma Pernikahan

 

Nah ini menurut beberapa Ahli , salah satu yang menjadi alasan belum menikah adalah hubungan sebelumnya yang tidak berjalan lancar dan kemudian menjadi trauma tersendiri. ada juga yang karena melihat pernikahan orang-orang terdekat atau rekan-rekannya yang tidak dapat dipertahankan, yang pada akhirnya membuat beberapa orang merasa lebih aman dan nyaman untuk hidup sendiri.

 

Patah hati di masa lalu bisa menjadi salah satu alasan membuat trauma seseorang menjadi semakin buruk.

 

4. Sulit Percaya ke Orang lain

 

Seseorang, terutama perempuan yang terbiasa melakukan semuanya sendiri, cenderung banyak pertimbangan ketika harus memilih pasangan. dan cenderung jadi membandingkan baik dengan dirinya sendiri maupun sekitarnya.

 

dan tidak jarang itu membuatnya sulit untuk percaya kepada orang lain. Hal ini mungkin bisa jadi salah satu alasan seseorang terus menunda pernikahan meski usianya telah matang.

 

Tapi Ingatlah ini.

Menikah bukan suatu hal yang harus dipaksakan. Karena menikah merupakan sebuah keputusan bersama. Menikah harusnya disaat kita merasa siap bukan mengikuti kata orang lain.

Semua pasti menginginkan pernikahan sekali seumur hidup, dan bukan hanya tentang bersenang-senang bersama tapi juga tentang berkomunikasi saat marah, kecewa, bahagia bersama. dan itu membutuhkan kesiapan mental, fisik, batin dan tentunya materi.

 

Menikahlah jika sudah merasa siap baik secara lahir maupun batin. Tidak perlu memaksakan diri dan Tidak perlu terburu-buru. Karena pada akhirnya yang menjalani adalah kamu dan pasanganmu.

 

Berbahagialah dan tetaplah bahagia.

 





Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp