Konsisten, Mudah Diucap, Perlu Usaha Keras Untuk dilakukan

By. serafianelies - 05 Feb 2024

Bagikan:
img

Unaneserafi-Profile

Konsisten? emang bisa? 

Beberapa waktu lalu saya melempar pertanyaan di Story salah satu platform media sosial saya tentang apa sih yang ingin kalian tahu tentang Kehidupan seorang atlet dan salah satu pertanyaannya adalah "bagaimana untuk tetap konsisten"

Siapa nih yang dengar kata KONSISTEN udah males duluan? Yup Konsisten adalah kata yang mudah untuk dituliskan namun sulit untuk dilakukan. 

Padahal untuk mencapai Goals atau target kita, tidak hanya tentang perencanaan dan kebiasaan baru yang harus kita bangun. Tapi juga kita harus bisa konsisten untuk mau melakukan hal tersebut. 

 

Melakukan sebuah hal baru membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Menurut beberapa pakar menumbuhkan sebuah kebiasaan baru minimal harus menghabiskan 2 jam dalam sehari. dan minimal kamu melakukan rutin selama 24-30 hari untuk betul-betul bisa konsisten melakukan sebuah kebiasaan yang abru. 

kesimpulannya adalah konsisten artinya hal tersebut kita lakukan setiap hari.

Tapi gimana nih caranya untuk tetap konsisten terutama bagi kita Atlet, yang dituntut untuk bisa memberikan performa terbaiknya di setiap latihan dan kejuaraan? Eits tenang, ini tidak hanya relate untuk atlet kok, tapi juga bisa untuk keseharian sebagai pekerja. 

 

ada beberapa tips untuk tetap konsisten melakukan kebiasaan baik untuk menunjang performa kita di lapangan. 

1. Set The Goals
Seorang atlet pasti memiliki targetnya dalam 1 tahun. Kalau kamu masih bimbang, konsultasikan ke Pelatihmu dalam 1 tahun kedepan target mana yang jadi target antara dan mana yang akan disetting menjadi target untuk Pick performance kita. Jika di tahun tersebut ada beberapa kejuaraan besar yang memang sudah  kalian tunggu, maka bisa dikonsultasikan kembali ke Pelatih dan tim untuk tetap bisa menjaga konsistensi dari performa kalian di pertandingan-pertandingan tersebut. 

 

Dengan kita mengatur dan merencanakan Goals kita dengan baik akan membantu kita untuk tetap konsisten terhadap yang kita lakukan dan juga untuk membantu kita tetap on track selama proses kita berlatih. 

 

2. Konsisten terhadap prosesnya. 
ada buku bagus judulnya Outliers : The Story Of Succsess - Malcolm Gladwell. yang menerangkan tentang teori 10.000 Jam. 

 

Dalam buku tersebut dijelaskan untul menjadi ahli seseorang butuh latihan dengan konsisten selama 10.000 jam atau lebih. agar itu otomatis menjadi sebuah kebiasaan yang tidak terpisahkan dari dirimu. Jika kamu sudah terbiasa. otomatis semua yang kamu lakukan di latihan, akan otomatis juga kamu lakukan saat berlomba. 

 

terutama nomor-nomor tehnik. Tehnik perlu diulang-ulang agar kamu terbiasa melakukan tehnik tersebut. dan akan membantu badan dan ototmu untuk mengingat, berdaptasi dan secara otomatis dapat dilakukan saat berlomba tanpa kesulitan.  Proses ini membutuhkan waktu yang panjang dan melelahkan. namun jika kamu bisa menguasainya, maka kamu selangkah lebih maju untuk mencapai targetmu. 

 

3. Belajar untuk sabar. 

Proses itu sangat melelahkan. dan tidak jarang kita pasti ada di persimpangan untuk menyerah saja. 

Namun urungkan niatmu untuk menyerah. dengan kamu tetap belajar untuk konsisten, secara tidak langsung kamu sedang belajar juga untuk memperkuat keterampilan yang sudah kita miliki. Tidak jarang apa yang kita mulai bisa saja berhasil, atau gagal. namun jangan khawatir jika kamu gagal setidaknya kamu sudah mencoba sebuah kebiasaan baru dan yang perlu kamu lakukan adalah mengevaluasi sampai muncul sebuah pola yang cocok dengan apa yang kamu butuhkan. 

 

maka untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka kita harus belajar untuk konsisten, bersabar dan menunggu saat yang tepat untuk mencapai performa terbaikmu. 

 

4. Mulai dengan hal sederhana. 

Memulai sebuah kebiasaan yang baru membutuhkan waktu yang cukup panjang. dan perlu dilakukan sedikit demi sedikit. 

Dimulai dengan mendengar, melihat dan mencoba. Mendengar instruksi, Melihat tehnik bisa menggunakan Media Sosial kalian atau bisa dicontohkan oleh yang sudah terlebih dahulu expert. lalu kalian bisa membayangkan sebelum akhirnya mencoba. 

 

Mulailah dengan tehnik yang sederhana dan lakukan pengulangan selama yang dibutuhkan untuk kemudian bisa dimodifikasi sampai pada tehnik yang kalian butuhkan. Beberapa hal lain yang perlu dibiasakan bagi  seorang atlet adalah menyadari apa yang dibutuhkan oleh badannya. Mulai dari makanan, Jam Istirahat, Pola Latihan sampai kapan kita butuh untuk relaksasi dan hal-hal lainnya yang akan mendukung performa kita di lapangan. 

 

5. Paham akan resikonya 
Dalam berlatih sering juga kita mengalami cedera mulai dari yang ringan sampai berat. 

 

Namun ketahuilah,cedera merupakan bagian tidak terpisahkan dari Latihan. Namun tentu saja kita bisa meminimalisir resiko cedera dengan kebiasaan berlatih yang benar dan sesuai dengan kebutuhan kita. dan untuk menunjang hal tersebut pahami apa yang menjadi kebutuhanmu selama kamu menjalani program latihan tersebut. 

 

Untuk bisa tetap konsisten meraih, dan mempertahankan prestasi membutuhkan Komitmen dan Disiplin yang besar. bukan berkomitmen pada orang lain, melainkan harus belajar berkomitmen pada diri sendiri. Karena itu adalah kunci utama untuk dapat bertahan dan meraih prestasi terbaik di Arena. 

 

Konsisten memang merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan, namun ketahuilah jika itu sudah menjadi bagian dari dirimu. maka akan terbentuk sebuah pola kebiasaan baik yang akan mengantarmu untuk meraih Prestasimu. Ingatlah Proses yang kamu jalani hari ini, kebiasaan yang kamu bangun hari ini, akan mengantarmu ke Performa terbaikmu di kemudian Hari. #Usanelies 

 

"Small disciplines repeated with consistency every day lead to great achievements gained slowly over time." #JohnCMaxwell





Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp