Jangan Lupa Bahagia

By. serafianelies - 06 Dec 2023

Bagikan:
img

@Unaneserafi-profile

Kadang kita merasa sulit untuk bahagia. terutama ketika situasi di sekitar kita membuat kita tertekan dan akhirnya meras kurang beruntung. tanpa sadar semangat kita menurun karena merasa tidak bahagia. 

Kenapa bahagia jadi penting? Well sebuah penelitian psikologi menemukan hubungan antara kondisi psikologis positif (bahagia, optimis dan punya kepuasan hidup) akan menurunkan resiko penyakit terutama penyakit kardiovaskular. Tapi tidak serta merta merasa bahagia lalu sehat ya,tetap dibutuhkan pola makan dan tidur yang benar juga olahraga nih. 

 

Apasih bahagia itu? mengacu pada KBBI , bahagia adalah suatu keadaan atau perasaan senang dan perasaan tenteram yang dimana dalam kondisi bebas dari segala yang menyusahkan hidup kita. Sedangkan definisi bahagia secara umum adalah suatu kondisi emosi dengan perasaan senang, penuh rasa syukur dan puas. Perasaan bahagia itu sendiri muncul dari dalam diri kita sendiri, karena merasakan senang dan gembira. 

 

Kita semua dihadapkan pada 2 reaksi dalam keseharian kita. reaksi yang negatif dan reaksi yang positif. Dimana ketika reaksi kita negatif akan muncul rasa mudah menyerah, iri hati , cemas dan sedih. namun sebaliknya jika reaksi sikap kita positif, dengan memilih menerima kondisi saat ini apapun bentuknya maka kita sedang memilih untuk merasa bahagia. Seperti kalimat

"bahagia itu pilihan dan bahagia itu kita yang ciptakan". 


Hidup tidak akan selalu bahagia, dan setiap hari selalu akan ada masalah yang akan kita hadapi. tapi bukankah kita memang diharuskan untuk bertumbuh dan terus mencoba jadi versi terbaik kita. Orang yang bahagia dalam suatu circle akan membawa vibes yang positif sehingga dapat membuat orang lain di sekitarnya juga ikut merasa bahagia. Mungkin kamu nih salah satunya. 

 

Bahagia itu adalah tentang kamu dan apa yang kamu lakukan, jangan gantungkan bahagiamu pada ekspektasi orang lain. Karena sebagai manusia, kita seringkali dikecewakan dan mengecewakan. Maka bahagia harus dimulai dari dirimu sendiri. Usahakan juga jika hatimu sedang bahagia , Logikamu juga harus bisa berimbang dengan hatimu agar tidak salah memilih, dan agar tidak salah bertindak. Belajar juga mencari tahu apa sih yang membuat kamu bahagia, dan cari tahu alasannya. Kenapa harus tahu alasannya? agar kedepan ketika kamu merasa tidak bahagia, kamu tahu alasan untuk kembali memotivasi dirimu dan tetap menjadi bahagia. 

 

Ingat juga, ketika kita bahagia akan selalu ada orang yang tidak suka kita bahagia tapi no problem. bukankah hidup selalu ada pro dan kontra kan. Selama bahagiamu tidak mengganggu orang lain, maka teruslah berbahagia. 

lalu alasan apa sih yang membuat kita harus bahagia? 

  • Hidup hanya sekali
    Nikmati apa yang bisa kamu nikmati, kerjakan yang bisa kamu kerjakan hari ini. Jangan buang waktu hanya untuk mendengarkan kritik tanpa solusi yang kemudian menjadikan kita insecure dengan diri kita hari ini. Hidup ini singkat maka mari nikmati semua yang kita miliki.
     
  • Selalu ada Pelangi sehabis hujan.
    Jenuh pasti, bosan apalagi. Ingatlah bahwa setiap masalah yang kamu hadapi hari ini pasti juga akan berlalu cepat atau lambat. tetaplah bahagia dalam kondisi apapun.
     
  • Kamu tidak sendiri
    Banyak yang peduli terhadapmu. Jika kamu bersikap negatif maka sekitarmu juga akan merasakan dampak yang negati. Namun bisa kamu tetap bisa bersikap positif maka kamu sedang menyebarkan Vibes positif bagi lingkunganmu. dengan bersikap positif, kamu secara tidak langsung sedang membantu orang lain menemukan bahagianya. dan itu caramu untuk tetap peduli akan sekitarmu.
     
  • Kamu Berharga.
    Kamu gak kebetulan ada. tapi kamu ada untuk suatu alasan baik. Banggalah terhadap dirimu. Setiap orang berharga dengan apapun keberadaanmu.
     
  • Hidup itu kesempatan.
    Hidup adalah kesempatan untuk berkembang, melayani, berbuat baik dan memberikan yang terbaik yang bisa kita lakukan hari ini. Manfaatkan hidupmu dengan baik.Percayalah kebahagiaanmu akan datang menghampirimu. 

Menutup tulisan ini ; 
Bersyukurlah untuk apa yang kita miliki. Karena rasa syukur dapat membuat kita bahagia. dan

membahagiakan orang lain penting, namun kebahagiaanmu juga penting Karena bahagia itu tanggung jawab kita sendiri. 

#Usanelies 





Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp