Berani gak nih keluar dari Zona Nyaman?

By. serafianelies - 22 Nov 2023

Bagikan:
img

Klik For More

"lebih baik gagal saat berjuang untuk mencapai sesuatu yang luar biasa, menantang, penuh petualangan, dan tidak pasti daripada mengatakan' "saya tidak ingin mencoba karena saya mungkin tidak akan berhasil sepenuhnya". #jimmycarter

Pernah gak merasa sulit beradaptasi dengan hal-hal baru? Pernah gak berpikir bahwa kita terjebak situasi karena kita merasa situasinya kurang mendukung? Dan seringkali nih kita menyalahkan Situasi dan kondisi hari ini yang membuat kita stag atau jalan ditempat? 

Melihat dari beberapa pengalaman pribadi seringkali Alasannya sederhana, karena saya takut keluar dari Zona nyaman saya, takut gagal dalam mencoba hal baru yang akhirnya membuat saya jadi merasa jenuh dengan rutinitas saya yang itu-itu saja. Sedangkan perkembangan disekitar saya terus berubah dengan cepat. 

Sudah tampak kan bahwa kemampuan beradaptasi dengan cepat, dan berani mencoba hal baru menjadi salah satu syarat untuk dapat survive dengan perubahan yang cepat hari-hari ini. 

terus apa sih yang bisa kita lakukan biar kita juga jadi tertantang untuk mencoba hal baru? Nih beberapa hal yang bisa kalian jadikan pertimbangan untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru; 

1. Belajar dari pengalaman. 

Pengalaman adalah guru. Jika kita tidak mencoba kita tidak akan pernah tahu nih sampai dimana kemampuan kita. Jika pada percobaan pertama gagal, setidaknya kita sudah punya pengalamanan agar di percobaan berikut setidaknya kita bisa selangkah lebih maju. Ingat Thomas Alva Edison, gagal 9000 kali dalam percobaannya sebelum dia menemukan lampu Pijar, generator litrik dan perekam suara. Jadi tidak ada salahnya gagal karena kita bisa belajar dari Pengalaman tersebut. Tapi ingat lakukan semua sesuai porsi dan kemampuan kita ya. 

 

2. Meningkatkan Kompetensi dan kualitas diri. 

Dengan mencoba hal baru, belajar hal baru secara tidak langsung kita sedang meningkatkan Kompetensi dan kualitas diri. kadang mencoba hal baru menjadi menakutkan, karena kita pasti bertanya-tanya ini akan gagal atau berhasil? namun yakinlah, kamu tidak akan pernah tahu sampai dimana kemampuan dan kekuatanmu sampai kamu mencoba bukan? Beranilah dan tantang dirimu untuk mencoba setidaknya 1 hal baru bisa setiap hari, bisa setiap minggu bahkan bulan. Selalu mulailah dengan hal sederhana di sekitarmu. 

 

3. Melatih kemampuan beradaptasi 

Kemampuan beradaptasi juga perlu dilatih. Seiring berjalannya waktu dan usia yang bertambah ada juga tanggung jawab yang lambat laun akan semakin besar. Dengan belajar membuka diri terhadap hal-hal baru membantu kita untuk cepat beradaptasi dengan hal-hal tersebut. 

 

4. Mendapatkan relasi baru dan lebih kreatif. 

Salah satu kelebihan cepat beradaptasi adalah mendapatkan relasi baru. Dengan mencoba hal baru, kita juga akan menemukan orang baru dengan berbagai latar belakang. Nah ini membuka peluang kamu jadi lebih kreatif. Dengan begini biasanya akan banyak hal baru yang bisa di eksplore, didiskusikan dan nantinya akan jadi output yang baik dalam pekerjaan atau relasimu kedepan. 

 

See? ternyata banyak bukan yang bisa kita dapatkan jika kita mau keluar dari zona nyaman, dan mencoba hal baru. Mencoba hal baru bukan suatu hal yang buruk, bisa jadi itu merupakan langkah awal untuk mencari passion atau minatmu. dan biar tidak bosan juga dengan rutinitasmu. 

Selamat Mengeksplore dirimu dan mencoba hal baru ya. 





Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp