Be A Good Listener

By. serafianelies - 16 Dec 2023

Bagikan:
img

@Unaneserafi-Profile

"Kita tidak hanya perlu belajar BERBICARA, untuk menjelaskan. Tapi juga perlu belajar DIAM untuk mendengarkan" #GusMus
 

Suka banget sama pesan GusMus ini. Hari-hari ini lagi belajar untuk Mendengar lebih banyak dan memahami dengan seksama sebelum Memulai, Melanjutkan atau memutuskan sesuatu. 

Dengan Mau mendengarkan , kita sedang membangun Komunikasi yang baik, juga Kepercayaan diantara kita dan Bisa berkolaborasi membangun Hubungan kerja yang Kreatif dan Produktif. 

#goodlistener #tgif #learntolisten #selfreminder#learneveryday

 

Kita harus mengakui bahwa kita berharap didengarkan oleh lawan bicara. tapi seringkali kita disanggah sebelum selesai bicara. Sungguh tidak menyenangkan bukan? 

 

Dalam seni berkomunikasi yang saya pelajari kita tidak hanya harus berani berbicara, mengungkapkan pendapat. tetapi juga harus belajar mendengar lebih banyak. Mengapa demikian? Yuk kita belajar sama-sama. 

 

dimanapun kita, tidak terlepas dari Komunikasi. Baik di dunia kerja maupun pertemanan. Dan dalam sebuah komunikasi tentunya ada yang berbicara dan ada yang mendengar. sebagai pembicara kita tentunya ingin dihargai dan diapresiasi oleh pendengar kita. 

 

Namun sering kita temui, ketika ada yang berbicara kita sebagai pendengar seringkali memotong, meremehkan, membandingkan, bahkan secara tidak sadar kita menghakimi lawan bicara kita. Pada akhirnya lawan bicara kita memutuskan untuk diam dan bahkan cenderung memutuskan pembicaraan karena sudah merasa tidak nyaman. 

 

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa pendengar yang baik dibutuhkan dalam sebuah komunikasi. Dengan adanya pendengar yang baik, maka lawan bicara kita akan merasa nyaman ketika bercerita atau menyampaikan sesuatu. dengan menjadi pendengar yang baik, selain menimbulkan rasa nyaman bagi pembicara, kita pendengar juga mendapatkan keuntungan baik dari lingkup pertemanan, pengetahuan yang baru sampai dengan mendapatkan kepercayaan lebih karena si pembicara merasa didengarkan dan dipahami. 

 

Ada beberapa hal mengapa kita perlu menjadi pendengar yang baik.
1. Menumbuhkan Kepercayaan 
dengan kita bisa menjadi pendengar yang baik, akan menciptakan kesan yang baik. dan akan timbul kepercayaan antara pendengar dan lawan bicara. Sehingga komunikasi akan jauh lebih nyaman dan mengalir. 

 

2. Lingkup Pertemanan bertambah
Dengan kita membuka ruang komunikasi yang baik , dan bisa menjadi pendengar yang baik maka kita akan mendapatkan banyak teman. dan tidak menutup kemungkinan dikemudian hari jika kita kesulitan mereka akan membantu kita. 

 

3. Menimbulkan Simpati dan Rasa Dihargai 
Ketika berbicara pasti ada emosi juga yang bisa dirasakan. dan sebagai pendengar kita juga akan bereaksi akan hal tersebut. Simpati merupakan salah satu reaksi yang bisa kita tunjukkan ketika menjadi pendengar yang baik. Tidak hanya simpati dari si pendengar, melainkan juga si lawan bicara akan merasa dihargai. 

 

4. Menambah Ilmu dan juga Update Informasi disekitar
Dengan  membuka ruang komunikasi yang baik. sebagai pendengar dan pembicara kita bisa menambah ilmu dan juga informasi baru yang kita perlukan. baik dalam mengambil keputusan maupun dalam problem solving suatu masalah. Dengan tidak memotong pembicaraan maka kita akan mendapat pernyataan atas informasi yang kita terima dengan jelas. 

 

5. Melatih Pola Pikir dalam menganalisa masalah
Dengan mendengar informasi dari pembicara secara tidak langsung kita melihat sudut pandang dari pihak yang lain. hal ini dapat membantu kita menganalisa sebuah masalah dengan lebih terperinci. Contoh ketika lawan bicara memiliki masalah dalam timnya, dengan dia menceritakan dan meminta saran disitu peran kita pendengar untuk berfikir dan melihat dari sudut pandang yang berbeda. 

Menjadi pendengar bukan hal yang buruk. tidak merasa paling tahu dan tidak membanding-bandingkan adalah kunci awal menjadi pendengar yang baik. Dalam hidup kita akan menemukan sebuah masalah yang terlihat sama namun ketika kita menggali lebih dalam kita akan menemukan sebuah sudut pandang baru dari masalah tersebut dan bisa kita jadikan masukan dan pembelajaran bagi kita sendiri. 

menutup artikel ini ; 
Every good conversation starts with a good listener. 
 

 





Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp